Jasa Wisata Offroad Merapi

Penanggulangan Dalam Pemulihan Pasca bencana Gunung Merapi
24 Desember 2019
sunrise di yogyakarta
Menikmati Sunrise di Gunung Merapi Jogja
5 Februari 2020

Jasa Wisata Offroad Merapi

wisata offroad merapi

Wisata Offroad Merapi Jogja

Apa itu wisata Offroad?

Offroad itu merupakan jenis olahraga otomotif yang menggunakan mobil dengan penggerak 4 roda. Tipe mobil 4 WD seperti mobil jip atau jenis SUV (Sport Utility Vehicles) sering digunakan sebagai mobil offroad. Dari dulu sampai sekarang offroad sudah banyak penggemarnya. Karena medannya yang ekstrim seperti jalan berlumpur, bebatuan maupun jalur pegunungan mobil yang digunakan offroad harus menggunakan mobil Four Wheel Drive (4 WD). Mobil 4 WD ini merupakan istilah yang digunakan untuk tipe mobil yang memiliki tenaga penggerak pada keempat rodanya

Wisata offroad merupakan salah satu cara yang ekstrim dan unik untuk menikmati keindahan alam dengan berkendara mobil offroad melintasi pegunungan. Kegiatan wisata offroad menimbulkan sensasi menantang yang menguras tenaga dan memompa adrenaline. Sensasi inilah yang menimbulkan efek luar biasa pada tubuh kita dengan mengendarai mobil offroad di luar jalan raya seperti jalan tanah, jalan berlumpur, jalan berpasir, sungai, atau jalan berbatuan.

Wisata Offroad berbeda dengan Sport Offroad maupun Extrem offroad. Wisata Offroad lebih cenderung untuk digunakan sebagai sarana rekreasi atau wisata keluarga. Medan atau jalur yang digunakan untuk wisata offroad juga memiliki pemandangan alam yang dapat dinikmati selama perjalanan mengendarai mobil offroad.

Wisata Offroad Merapi Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta tidak hanya namanya istimewa, namun destinasi yang ada di Yogyakarta juga memiliki keistimewaan. Beragam destinasi wisata yang dapat dikunjungi untuk menghabiskan liburan atau menikmati libur weekend. Destinasi wisata yang ada di Jogja mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, hingga wisata adventure yang dapat memacu adrenalin yang tak terlupakan. Salah satunya wisata adventure ini adalah Lava Tour yakni dengan mengelilingi kawasan Gunung Merapi dengan menggunakan mobil Jeep Willys. Sebuah petualangan dan wisata offroad berkeliling di sekitar Gunung Merapi Jogja dengan menggunakan Jeep yang melaju kencang.

Wisata ekstrem ini berlokasi di Kaliurang. Tepatnya di kaki Gunung Merapi. Pesona naik mobil offroad dan menyusuri bekas aliran lahar dingin pasca erupsi Gunung Merapi selama perjalanan. Beberapa destinasi wisata yang sering dikunjungi pasca letusan Gunung Merapi, seperti Museum Sisa Hartaku, Batu Alien, Petilasan Rumah Mbah Marijan dan Bunker Kaliadem.

  1. Museum Sisa Hartaku

Berbeda dari museum pada umumnya, Museum Sisa Hartaku memiliki keunikan tersendiri. ketika berkunjung ke tempat ini terdapat barang-barang yang sudah rusak bahkan sebagian meleleh akibat wedus gembel dan peninggalan warga sekitar akibat erupsi Merapi beberapa tahun yang lalu. Tempat ini kemudian dijadikan museum oleh warga sekitar untuk mengenang peristiwa erupsi gunung merapi. Pengunjung Museum Sisa Hartaku tidak dipungut biaya, pengunjung yang datang berkunjung dapat memberi uang sekedarnya di kotak sumbangan.

Di depan Museum Sisa Hartaku ada sisa kerangka motor yang terbakar dan kerangka sapi yang utuh. Saat masuk ke dalam museum ini, ada jam dinding yang masih menggantung dan sudah meleleh. Jam dinding tersebut menjadi penanda waktu terjadinya awan panas atau wedus gembel melanda wilayah tersebut.

  1. Batu Alien

Salah satu keunikan alam yang dapat ditemui ketika ber-wisata offroad di Gunung Merapi Jogja adalah adanya Batu Alien. Mengapa disebut Batu Alien? Hal ini karena ternyata batu besar tersebut berbentuk menyerupai wajah manusia. Ada mata, hidung dan mulut sehingga disebut sebagai Batu Alien. Faktanya batu besar tersebut berasal dari perut Gunung Merapi yang ikut terlempar ke lokasi tersebut ketika terjadi erupsi dengan jarak kurang lebih 7 km dari Gunung Merapi.

  1. Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem merupakan spot favorit bagi para wisatawan Lava Tour Merapi Jogja. Di tempat ini jika cuaca cerah maka akan terlihat pemandangan yang sangat indah dan memanjakan kedua mata yaitu, melihat puncak Gunung Merapi dengan sangat jelas. Untuk mendapatkan moment ini memang tidak mudah. Hal ini karena biasanya cuaca di sekitar Bunker Kaliadem dan puncak Gunung Merapi sering mendung dan berkabut.

Jika penasaran dengan apa yang ada di dalam Bunker Kaliadem pengunjung dapat masuk ke dalamnya. Akan tetapi, jangan lupa untuk membawa senter atau alat penerangan yang lainnya. Dikarenakan di dalam Bunker Kaliadem kondisinya gelap tanpa ada lampu saut pun. Sebagai informasi aja, Bunker Kaliadem memiliki cerita yang sedih. Bunker Kaliadem merupakan tempat di mana para relawan yang berlindung dan akhirnya meninggal di dalam Bunker Kaliadem ketika erupsi Gunung Merapi terjadi. Hal ini karena ternyata Bunker Kaliadem tidak mampu menahan suhu panas saat erupsi Gunung Merapi.

  1. Petilasan Rumah Mbah Marijan

Pada tanggal 26 Oktober 2010 Mbah Maridjan meninggal di kediamannya karena luncuran awan panas yang menyapu Dusun Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain juru kunci Gunung Merapi di kediaman ada juga korban lainnya yakni Tutur Priyanto (Relawan PMI) dan Yuniawan Wahyu Nugroho (Wartawan Viva News) karena berusaha menyelamatkan warga yang masih ada di daerah tersebut.

Di sini pengunjung dapat melihat barang-barang peninggalan dari Mbah Marijan yang terkena dampak erupsi Gunung Merapi atau hanya sekedar beristirahat di Pendopo khas Jawa di rumah Mbah Marijan. Pengunjung dapat melihat pemandangan dari ketinggian dengan menaiki gardu pandang yang letaknya di samping petilasan Mbah Marijan.

Untuk Anda yang ingin menikmati jajanan di sekitar Petilasan Mbah Marijan juga ada warung yang dikelola oleh anak dari Mbah Marijan. Salah satu minuman yang menjadi ciri khasnya adalah Wedang Gedang. Minuman atau wedangan jahe hangat yang dicampur dengan irisan pisang. Rasanya sangat cocok untuk menghangatkan badan di lereng Gunung Merapi yang dingin.

  1. Kali Kuning

Belum lengkap rasanya jika tidak mampir ke Kali Kuning. Di sungai ini pengunjung dapat diajak bermain air sepuasnya. Cukup terkena cipratan air atau sampai basah kuyup seluruh badan akan dilayani, tinggal request ke driver mobil offroadnya saja. Jadi, beberapa mobil Jeep akan secara bergantian masuk kedalam sungai dengan kecepatan yang tidak stabil, sehingga membuat cipratan air yang sangat tinggi. Kali Kuning adalah lokasi yang paling seru, karena kita bebas teriak dengan kencang seperti melepaskan beban.

  1. The Lost World Castle

The Lost World Castle menawarkan keindahan yang menyerupai bangunan Benteng Takeshi. Wahana-wahana di The Lost World Castle memanfaatkan batu-batu sisa erupsi Gunung Merapi sebagai bahan baku utamanya. Ketika kabut turun menambah suasana jadi semakin menarik untuk latar berfoto.

Kenyataan bahwa lokasi The Lost World Castle berlokasi di daerah rawan bencana, tidak mengurangi popularitas dan antusias wisatawan untuk mengunjungi lokasi ini. Dengan pemanfaatan batu-batu sisa erupsi Gunung Merapi membuat The Lost World Castle memiliki keunikan tersendiri.

Nama The Lost World Castle memang mempunyai kesan yang menyeramkan. Bukan nama yang sekedar asal dalam memilihnya. Akan tetapi nama The Lost World Castle memang ditujukan untuk mengenang peristiwa kelam pada masa lalu. Lokasi The Lost World Castle ada di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Lokasi wisata yang instagramable ini berjarak 29 Kilometer dari pusat kota dan berada tepat di lereng Gunung Merapi.

Lava Tour Merapi Jogja

Lava Tour Merapi Jogja adalah salah satu pemandu wisata atau tour guide yang berlokasi di kawasan Jakal Km 23, Kelurahan Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman – Kota Jogjakarta. Lava Tour Merapi Jogja memiliki prinsip dengan mengutamakan pelayanan yang nyaman, aman dan memuaskan untuk perjalanan Lava Tour Merapi, sehingga pengunjung atau wisatawan yang menggunakan jasa Lava Tour Merapi Jogja dapat menikmati tour lava bersama kami dengan puas.

Lava Tour Merapi Jogja menggunakan armada Jeep Willys dengan kondisi yang selalu prima dan terawat untuk wisatawan yang ingin melakukan Tour Merapi. Mobil jeep yang dimiliki Lava Tour Merapi Jogja selalu terawat dengan baik dan secara dilakukan pengecekan secara berkala. Mobil jeep yang digunakan oleh kami selalu dicek tingkat keamanannya. Hal ini untuk menjamin keamanan dan keselamatan dari wisatawan selama berkeliling . Dengan hal yang demikian wisatawan akan merasa aman, nyaman dan puas saat berkeliling di medan Gunung Merapi menggunakan jeep Lava Tour Merapi Jogja.

Untuk semua driver Lava Tour Merapi Jogja sudah berpengalaman, terlatih, profesional dan tentunya ramah kepada wisatawan. Para driver Lava Tour Merapi Jogja juga wajib mengutamakan kenyamanan, keamanan dan kepuasan wisatawan selama perjalanan. Driver tour lava juga siap menjadi pemandu selama perjalanan keliling Merapi, sehingga wisatawan dapat mengetahui dan paham berbagai informasi tentang obyek-obyek yang akan dikunjungi dan mengetahui tentang sejarah erupsi Gunung Merapi terjadi.

Driver kami juga senantiasa siap menjadi fotografer dalam setiap kegiatan Lava Tour Merapi Jogja. Dengan begitu wisatawan akan mendapatkan hasil foto yang menarik dan berkesan seolah-olah menggunakan fotografer pribadi.

Mengapa harus Lava Tour Merapi untuk partner perjalanan Anda?

1.      Safety First

Kenyamanan dan keselamatan para wisatawan menjadi kehawiban dan piroirtas utama bagi Lava tour Merapi. Dengan selalu melakukan pengecekan armada Jeep Willis milik Lava Tour Merapi sesuai dengan standar keamanan. Sehingga armada Jeep Willis Lava Tour Merapi selalu dalam kondisi  prima, aman dan nyaman ketika digunakan untuk berkeliling lereng Gunung Merapi..

2.      Mengutamakan Pelayanan/Service Oriented

Lava Tour Merapi selalu dan wajib mengutamakan pelayanan yang ramah dan nyaman kepada para wisatawan selama perjalanan tour dengan Lava Tour Merapi. Kepuasan atas layanan dari Lava Tour Merapi selalu menjadi prioritas dan terdepan.

3.      Harga Terjangkau

Lava Tour Merapi menawarkan berbagai layanan wisata dengan harga yang sangat terjangkau untuk semua orang. Membuat mereka semua dapat menikmati keseruan dan keindahan wisata offroad di lereng gunung Merapi.

4.      Profesional

Lava Tour Merapi juga menyediakan pemandu wisata/tour guide yang sudah berpengalaman dan menguasai beberapa bahasa asing. Para pemandu wisata/tour guide dari Lava Tour Merapi sudah sangat memahami area pegunungan Merapi dan beberapa destinasi wisata di lereng Gunung Merapi.

Untuk Anda yang ingin berlibur dengan sensasi keseruan dan tantangan yang berbeda. Anda dapat memilih wisata offroad dengan menggunakan Lava Tour Merapi di lereng gunung Merapi Jogja. Dengan harga yang terjangkau, Anda sudah dapat menikmati pemandangan dari mobil Jeep Willys yang berkeliling di lereng Gunung Merapi. Anda ingin sensasi berwisata offroad yang berbeda dan ekstrem? Lava Tour Merapi memiliki layanan di malam hari yang tentunya menguji adrenalin. Lava Tour Merapi bisa memenuhi keinginan Anda karena Lava Tour Merapi menyediakan beberapa pilihan paket wisata yang bisa dipilih.

Layanan yang disediakan oleh Lava Tour Merapi adalah sebagai berikut:

  1. Lava Tour
  2. Travel Guide
  3. Sewa Jeep

Paket Lava Tour Merapi Jogja Jogja

  1. Paket Sunrise

Siapa yang tidak suka melihat matahari terbit? Terlebih lagi melihat matahari terbit atau sunrise di lereng Gunung Merapi. Pemandangan matahari yang mulai menampakan diri di pegunungan tentunya menjadi salah satu moment yang sangat berkesan. Dengan Paket Sunrise yang disediakan oleh Wisata Lava Tour Jogja para wisatawan tidak akan ketinggalan dan dapat menikmati moment sunrise di lereng Gunung Merapi yang menakjubkan.

Untuk rute yang disediakan paket sunrise Lava Tour Merapi Jogja yakni: Star Pos Jeep atau dijemput di Kawasan Hotel Kaliurang-Bunker Kaliadem-Batu Alien/Batu Wajah-Museum Sisa Hartaku-Kali Kuning/Trek Air.

Harga Paket Sunrise    : Rp. 400.000/Mobil Jeep

Durasi perjalanan        : 2 jam (dimulai jam 04.30 WIB)

  1. Paket Malam Uji Adrenalin

Tidak hanya sekedar menikmati pemandangan sunries, Lava Tour Merapi Jogja juga menawarkan sensasi ekstrem lainnya dengan berkeliling lereng Gunung Merapi pada malam hari. Paket Malam Uji Adrenalin dari Lava Tour Merapi Jogja akan menyajikan sensasi yang berbeda dan hal-hal yang menarik. Selain menyediakan Paket Malam Uji Adrenalin yang menantang  adrenalin wisatawan juga disiapkan wisata malam dengan jalur-jalur tertentu.

Berikut ini adalah rute yang dikunjungi untuk Paket Malam Uji Adrenalin Lava Tour Merapi Jogja yakni: Star Pos Jeep/Hotel Kawasan Kaliurang – Bunker Kaliadem – Batu Wajah /Batu Alien – Museum Sisa Hartaku – Trek Air/Kali Kuning/Kali Kuning.

Harga Paket Sunrise    : Rp. 400.000/Mobil Jeep

Durasi perjalanan        : 2 jam (dimulai jam 18.00 WIB)

Minimal 8 orang dan 2 Armada Jeep

  1. Paket Short

Untuk paket short terbagi menjadi tiga paket:

  1. Paket Short 1
  • Harga Rp 350.000/Jeep
  • Durasi 2 Jam
  • Rute yang dikunjungi: Start pos jeep/Hotel kawasan Kaliurang – Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Bunker Kaliadem – Trek Air/Kali Kuning.
  1. Paket Short 2
  • Harga Rp 350.000/Jeep
  • Durasi 2 Jam
  • Rute yang dikunjungi: Start Pos Jeep/Hotel Kawasan Kaliurang – Museum Sisa Hartaku – Batu Wajah/Batu Alien – Petilasan Rumah Mbah Marijan – Trek Air/Kali Kuning.
  1. Paket Short 3
  • Harga Rp 350.000/Jeep
  • Durasi 2 Jam
  • Rute yang dikunjungi : Start Pos Jeep/Hotel Kawasan Kaliurang – Museum Sisa Hartaku – Stonehang – The Lost World Castle – Trek Air/Kali Kuning.
  1. Paket Medium

Paket medium terbagi menjadi dua paket antara lain :

  1. Paket Medium 1
  • Harga Rp 450.000/Jeep
  • Durasi 2 sampai 2,5 Jam
  • Rute yang dikunjungi : Start Pos Jeep/Hotel Kawasan Kaliurang – Museum Sisa Hartaku – Batu Wajah/Batu Alien – Bunker Kaliadem – Petilasan Rumah Mbah Marijan – Trek Air/Kali Kuning.
  1. Paket Medium 2
  • Harga Rp 450.000/Jeep
  • Durasi 2 Jam sampai 2.5 Jam
  • Rute yang dikunjungi: Start Pos Jeep/Hotel Kawasan Kaliurang – Museum Sisa Hartaku – The Lost World Castle – Batu Wajah/Batu Alien – Petilasan Rumah Mbah Marijan – Trek Air/Kali Kuning.
  1. Paket Long

  • Harga Rp 650.000/Jeep
  • Durasi  3.5 Jam sampai 4 Jam
  • Rute yang dikunjungi : Start Pos Jeep/Hotel Kawasan Kaliurang – Museum Sisa Hartaku – Batu Wajah /Batu Alien – Makam Mbah Marijan – Bunker Kaliadem – Petilasan Rumah Mbah Marijan – Trek Air/Kali Kuning.

Banyak sekali paket yang di tawarkan bukan? Mulai dari harga 350 ribu sampai 650 ribu, Anda dapat memilih sesuai dengan budget yang ada. Jika Anda berminat untuk wisata offroad Merapi Jogja silahkan hubungi kami.

Lava Tour Merapi

Alamat

Jakal Km.23 Kelurahan Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Kota Jogjakarta, Kode Pos 55582.

Kontak Kami

 081392244224
 081392244224

Atau kunjungi website kami lava-tourmerapi.com